Kamis, 20 Desember 2012

TELAAH DRAMA TEATER GADHANG “FESTIVAL TOPENG” KARYA BUDI ROS


Drama maupun teater termasuk dalam sebuah karya sastra dan seni.Hakikat seni drama adalah tikaian dan konflik juga dipadukan dengan berbagai cabang seni yang melebur menjadi satu kesatuan yang utuh.Cabang-cabang seni itu, yaitu seni bahasa dan sastra, seni gerak, seni rias, seni busana, skenografi, seni suara atau musik, seni tata cahaya, seni koreografi, seni rupa, dan seni pentas.
Bahasa merupakan medium seni sastra, sehingga bahasa merupakan cabang yang dominan dalam drama.Gerak atau aksi merupakan substansi drama.Gerak menjadi alat ekspresi utama dalam drama, karena drama ditampilkan tidak hanya untuk didengar tetapi lebih bersifat audio-visual, yang menyeimbangkan antara pendengaran dan penglihatan.Maka dari itu, seni music juga sangat penting, selain itu juga oleh vokal sesuai karakter yang dibawakan.Tidak hanya itu saja, tetapi dalam penampilan sebuah tokoh dengan membawakan sebuah karakter perlu diperjelas dengan adanya tata rias dan tata busana. Seni rupa bisa menjadi  penting untuk penataan setting dan seni cahaya juga. Efek cahaya atau lighting tidak bisa diabaikan dalam hal drama atau teater karena sekali lagi drama juga sangat sensitive terhadap penglihatan penonton. Hal ini dimaksudkan agra penonton bisa mampu menangkap apa yang dilakukan oleh  pemain-pemain drama atau teater tersebut.
Drama atau teater sebagai karya sastra tentulah mempunyai fungsi dulce et utile yang artinya menghibur dan mendidik. Selain itu drama yang  merupakan karya sastra juga karya seni menjadi media politik dan menyampaikan cita-cita kelompok tertentu. Menurut Dwi Susanto (2012:11), karya sastra yang baik adalah karya yang mendukung cita-cita dan perjuangan kelompok tertentu. Sastra juga bisa menjadi media politik, berpolitik, dan politik.Teater Gadhang dengan menampilkan sebuah persembahan drama atau teater dengan judul “Festival Topeng” ini tentunya juga mempunyai fungsi-fungsi itu dan pesan yang hendak disampaikan. Penulis sebagai pengamat akan menyampaikan perihal unsur-unsur drama yang terkait dengan drama atau teater yang berjudul “Festival Topeng” karya Budi Ros yang dipersembahkan oleh teater Gadhang. Unsur-unsur drama itu antara lain, tema, penokohan, latar, konflik, pengaluran, dan amanat yang hendak disampaikan.

2 komentar: