Kamis, 12 September 2013

Seni Kepemimpinan Rawana dalam Hikayat Sri Rama (HSR)

A.    Pendahuluan
Indonesia mempunyai kekayaan karya sastra yang sangat luar biasa banyaknya, salah satunya adalah Hikayat Sri Rama. Hikayat Sri Rama ini merupakan hikayat yang sangat populer di zamannya, bahkan sampai sekarang pun hikayat ini masih sangat populer. Cerita yang disajikan banyak sekali versinya atau variasinya.
Hikayat Sri Rama ternyata tidak hanya mencerminkan karakter masyarakat pada zaman dahulu tetapi juga mencerminkan tokoh pemimpin yang hebat lewat tokoh Rawana. Meski pada umumnya, orang beranggapan bahwa Rawana adalah tokoh yang jahat dan licik. Tetapi sebenarnya, Rawana adalah tokoh pemimpin yang sangat relevan di zamannya, dan cermin pemimpin yang sangat diidam-idamkan oleh rakyatnya.

Makalah ini mengambil judul “Seni Kepemimpinan Rawana dalam Hikayat Sri Rama (HSR)”, karena hal ini sangat menarik dan penting untuk dikaji, mengingat Indonesia saat ini carut-marut dalah hal kepemimpinan. Penulis ingin menyumbangkan tulisan ini agar nantinya bisa dibaca dan bisa bermanfaat bagi pembaca terutama dalam memimpin, baik memimpin dirinya sendiri atau memimpin komunitas yang lebih luas lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar