Selasa, 11 Desember 2012

WAJAH SINETRON INDONESIA ANTARA KAPITALISASI DAN EDUKASI


Televisi merupakan salah satu media komunikasi yang efektif, yang  berfungsi untuk menyampaikan pesan, berita, atau bahkan mempengaruhi orang. Program-program yang ditawarkan di televisi pun sangat beraneka ragam dan salah satu program yang paling banyak digemari adalah program sinetron.
Sinetron merupakan kependekan dari sinema elektronik yang berarti sebuah karya cipta seni budaya dan media komunikasi pandang-dengar yang dibuat berdasarkan sinematografi dengan direkam pada pita video melalui proses elektronik lalu ditayangkan melalui stasiun televisi. Sinetron merupakan serial drama sandiwara yang bersambung atau terdiri dari beberapa episode. Pada umumnya bercerita tentang kehidupan manusia sehari-hari yang diwarnai konflik berkepanjangan.
Biasanya sinetron dibuat dengan tujuan komersil. Sinetron merupakan salah satu karya sastra yang mempunyai fungsi dulce et utile, namun sinetron sekarang mengesampingkan fungsi pendidikan. Hal ini dikarenakan adanya tuntutan pasar sehingga sinetron dibuat dengan tujuan komersil dan proses pembuatannya pun hanya kejar tayang.
Sinetron menarik untuk dibahas karena sinetron mempunyai dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Indonesia. Sinetron merupakan tontonan yang selalu disajikan di televisi dan memberikan dampak pada pembentukan karakter dan psikologi masyarakat penontonnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar