Kamis, 20 Desember 2012

ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH NATHAN DALAM NOVEL “NATHAN MIMPI MERAH MUDA” KARYA ARY NILANDARI


Novel merupakan karya sastra yang bermediumkan bahasa. Sastra dianggap sebagai fiksi pada hakikatnya adalah fakta. Menurut Dwi Susanto (2011:42), Sastra sebagai fakta sosial (produk masyarakat) dan fakta sejarah yang memiliki peran dan fungsi yang signifikan dalam masyarakat.
Novel sebagai karya sastra yang mempunyai peran dan fungsi yang signifikan mengemban fungsi dulce et utile, yaitu menghibur dan mendidik. Selain itu, novel yang berdasarkan fakta mencerminkan masyarakat pengarangnya atau mencerminkan masyarakat dalam lingkungan sebuah daerah tertentu. Novel “Nathan Mimpi Merah Muda” merupakan novel anak-anak yang menggambarkan bagaimana psikologi anak-anak dan menggambarkan tingkah polah anak-anak.
Novel “Nathan Mimpi Merah Muda” karya penulis novel anak Ary Nilandari ini sangat menarik untuk dipelajari dan diteliti terutama mengenai perkembangan kepribadian anak-anak lewat analisis psikologi sastra anak. Lewat analisis psikologi sastra dari Sigmund Freud, penulis akan memaparkan kondisi psikologi yang ada dalam diri seorang anak.

1 komentar:

  1. Salam,
    bolehkah saya membaca analisis lengkap Anda tentang novel saya tersebut. :)
    Terima kasih.

    BalasHapus